Muhammad Hakim dan Ibunya ketika meluncurkan produk "Keem Skincare" | Foto: dokumentasi |
Jakarta, INDOSATU.ID - Muhammad Hakim telah mencatatkan namanya sebagai salah satu pengusaha skincare termuda di Indonesia.
Remaja yang baru menginjak usia 17 tahun ini berasal dari Jakarta.
Ia duduk di bangku Kelas II SMA Global Prestasi School, namun dirinya sukses meluncurkan merek "Keem Skincare" bertepatan dengan hari ulang tahunnya pada Jumat malam, 19 Juli 2024 lalu.
Hakim menghadirkan inovasi dalam produk perawatan kulit yang khusus ditujukan bagi pria, terutama yang memiliki kulit berminyak.
Uniknya, inspirasi Hakim untuk memulai bisnis skincare ini datang dari kebiasaannya menggunakan produk skincare milik ibunya setelah berolahraga.
"Aku selalu ngambil skincare Mama setiap habis olahraga. Akhirnya, aku berpikir untuk membuat skincare sendiri yang lebih cocok buat aku dan pria lain," ungkap Hakim.
Pengalaman ini membawanya pada ide untuk menciptakan produk skincare yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan kulit pria, tetapi juga memiliki sentuhan personal.
Dia menuturkan bahwa nama "Keem" diambil dari nama Hakim, yang dalam bahasa Inggris diucapkan sebagai "Hakeem" atau "Keem". Pria 17 tahun ini memilih nama tersebut karena merasa nama tersebut elegan dan mencerminkan identitas pribadinya.
Berangkat dari ide itu, Hakim pun memberanikan diri mewujudkan mimpinya dengan merintis bisnis. Uniknya, Hakim memulai dari modal uang tabungannya.
"Jadi begini ya, aku dari kecil selalu disediakan tabungan. Aku dan kedua kakak aku selalu disediakan tabungan oleh Mama. Nah, aku itu orangnya seadanya saja, sederhana. Uang jajan aku kalau di sekolah juga jarang banget bawa, dan aku lebih milih untuk ditabung gitu," ucap Hakim.
Berawal dari uang tabungannya ini, Hakim merintis Keem Skincare sejak setahun silam.
Dengan dukungan penuh dari ibunya, Krisnawati, yang membantu merealisasikan ide-idenya, Hakim berhasil mengembangkan Keem Skincare menjadi produk yang segera meluncur pasar.
Fokus utama Keem Skincare adalah menangani masalah kulit berminyak yang banyak dialami oleh pria di Indonesia.
"Kebanyakan pria di Indonesia memiliki kulit berminyak. Jadi, aku focus membuat face wash yang benar-benar bisa menghilangkan minyak," tuturnya.
Adapun produk pertama dari Keem Skincare meliputi face wash, moisturizer, dan serum, semuanya dirancang khusus untuk pria.
Dukungan dari Thariq Halilintar
Peluncuran Keem Skincare yang bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-17, acara tersebut turut dihadiri oleh selebriti Thariq Halilintar yang juga didapuk sebagai brand ambassador.
"Saya turut berbahagia melihat pencapaian Hakim yang sudah berusia 17 tahun dan secara resmi menjadi dewasa," ujar Thariq, kepada sejumlah awak media.
Thariq memberikan dukungan penuh terhadap langkah besar Hakim di usia muda.
"Hakim bisa terus bersinar. Dia anak muda yang sangat aktif dan selalu punya ide-ide brilian. All the best for Hakim, 100% support dari aku," kata Thariq.
Kehadiran Keem Skincare diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif bagi industri kecantikan, tetapi juga membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat.
Dengan semangat dan kerja kerasnya, Hakim optimis bahwa Keem Skincare akan sukses di pasar.
"Hari ini, aku ingin mengumumkan bahwa aku telah membuat dan memproduksi skincare baru bernama Keem. Ini adalah sesuatu yang luar biasa bagi aku, memulai usaha di usia yang sangat muda," ujar Hakim.
Hakim telah membuktikan bahwa usia bukanlah halangan untuk meraih kesuksesan. Dengan inovasi dan dukungan dari keluarga serta rekan-rekan, Keem Skincare siap bersaing di pasar skincare khusus pria di Indonesia.
Lewat keberaniannya terjun ke bisnis di usia belia ini, Hakim juga mengajak generasi muda lainnya untuk berani bermimpi dan mewujudkan ide-ide kreatif
mereka. (Dika/Red)