-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Musim Mas Group dan HNSI Tanam 7.000 Pohon Mangrove di Medan Belawan Demi Cegah Abrasi di Bibir Pantai

    Redaksi
    19 Juli 2024, 18:03 WIB Last Updated 2024-07-19T11:03:00Z
    Banner IDwebhost

    Perwakilan Musim Mas Grup diabadikan bersama HNSI dan perwakilan Pemerintah | Foto: dokumentasi Musim Mas Grup

    Medan, INDOSATU.ID - Salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi di dunia dengan operasi utama di Indonesia, Musim Mas Group bersama dengan DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) melakukan penanaman 7.000 pohon mangrove di Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara (Sumut).

    Aksi lingkungan bertajuk Reboisasi Bibir Pantai Menuju Indonesia Emas ini dilaksanakan pada Kamis 18 Juli 2024. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta Rumah Mangrove Indonesia.

    Teuku Kanna Rhamdan, selaku Corporate Affairs General Manager Musim Mas, menjelaskan bahwa kegiatan reboisasi ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya banjir rob, mencegah abrasi, serta untuk melindungi keanekaragaman hayati.

    "Sebagai  perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang terintegrasi, Musim Mas memiliki komitmen dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR), yang salah satu pilarnya adalah Lingkungan," ungkap Teuku Kanna, Jum'at (19/7/2024).

    "Dalam kegiatan reboisasi ini, Musim Mas berkontribusi menyediakan bibit pohon mangrove serta mendukung kegiatan penanaman bibit mangrove," imbuhnya.

    Diketahui bahwa Medan Belawan merupakan wilayah yang cukup vital di Kota Medan karena terdapat salah satu pelabuhan utama di Indonesia.

    Tidak hanya itu, setidaknya terdapat 80 persen masyarakat di Kecamatan Medan Belawan menjadikan pantai sebagai sumber mata pencarian utama.

    "Dengan adanya penanaman bibit pohon mangrove ini semoga dapat mengurangi Banjir Rob di tepi pantai, mengingat bahwa pantai ini merupakan sumber mata pencarian utama bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Medan Belawan," terang Lurah Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan, Aulia Ahmad.

    Di tempat yang sama, Ketua HNSI DPD Provinsi Sumatera Utara, Azlinda Nailufari Hutagalung, S.Pi., menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Musim Mas atas partisipasinya dalam proses reboisasi tersebut.

    "HNSI sebagai penyeimbang yang bekerja sama dengan para nelayan dan stakeholders untuk melakukan kontribusi dan kolaborasi dengan perusahaan. Harapannya untuk penanaman pohon mangrove ini dapat berlanjut kedepannya untuk anak cucu kita dan terima kasih untuk PT Musim Mas agar tetap bersinergi dengan HNSI khususnya di Sumut," ujar Azlinda Nailufari.

    Atas terlaksananya kegiatan itu, Teuku Kanna kembali berharap agar masyarakat turut ambil bagian dalam pemeliharaan pohon manggrove yang ditanam.

    "Pada kegiatan reboisasi ini, kami juga mengajak partisipasi masyarakat sekitar agar bibit mangrove yang kita tanam sekarang dapat dirawat dan dijaga kelestariannya agar bisa tumbuh, sehingga dapat mengurangi abrasi dan dampak negatifnya di masa mendatang," tandas Kanna.

    Sumber: Humas Musim Mas Grup
    Editor: Lian
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini