-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemdes Lasarabagawu Kabupaten Nisbar Salurkan Bantuan Mesin Pemotong Rumput

    Redaksi
    01 Agustus 2024, 08:10 WIB Last Updated 2024-08-01T01:10:23Z
    Banner IDwebhost

    PJ Kades Desa Lasarabagawu diabadikan bersama perwakilan warga penerima bantuan mesin pemotong rumput | Foto: Faagulo

    Nisbar, INDOSATU.ID - Dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan (Ketapang), Pemerintah Desa (Pemdes) Lasarabagawu Kecamatan Mandrehe Barat (Mabar), Kabupaten Nias Barat (Nisbar), menyalurkan bantuan mesin pemotong rumput secara gratis kepada warganya.

    Kegiatan itu diserahkan langsung oleh Pemdes Lasarabagawu kepada Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat (KPM) yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Desa Lasarabagawu, Rabu (31/07/2024) kemarin.

    Pada kesempatan itu, Pj Kades Lasarabagawu, Nehego Gulo, S.Pd, menuturkan, sekitar 42 KK menerima bantuan mesin pemotong rumput.

    "Yang kita salurkan saat ini sebanyak 42 kepala keluarga, masing-masing kepala keluarga mendapatkan 1 unit mesin pemotong rumput," kata Nehego.

    "Untuk program bantuan ini telah dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2024. Dianggarkan sebanyak 70 unit dengan regulasi bertahap, tahap pertama 42 unit, dan tahap kedua sebanyak 28 unit yang akan dibagikan pada tahap berikutnya," terangnya.

    Bantuan mesin pemotong rumput ini merupakan bentuk dukungan Pemdes Lasarabagawu dalam hal mendukung para petani untuk melakukan perluasan lahan perkebunan yang mempunyai potensi untuk pengembangan komoditas perkebunan kedepan.

    Di hadapan penerima bantuan, Nehego menghimbau agar bantuan tersebut dijaga dan dirawat dengan baik, dan dapat digunakan sebaik mungkin.

    Terhadap masyarakat yang belum tersentuh bantuan ini, nantinya akan kembali dianggarkan sehingga semua warga yang kurang mampu mendapatkan bantuan mesin pemotong rumput.

    "Kami selaku Pemdes Lasarabagawu menyampaikan program bantuan berupa mesin pemotong rumput ini berkelanjutan tahap dua dari anggaran dana desa tahun 2024," ujara Nehego menjelaskan.

    "Kami akan melakukan pendataan agar peruntukan ini bisa merata, sehingga tidak ada namanya pilih kasih, karena program ini benar-benar tepat sasaran pada masyarakat setempat," tambahnya.

    Di tempat yang sama, Firman Zai, S.KM, selaku Sekretaris Camat (Sekcam) Mandrehe Barat, berharap agar masyarakat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan yang telah diberikan pemerintah.

    "Kepada masyarakat penerima bantuan agar dapat menggunakan dan memanfaatkan sebaik mungkin apa yang sudah pemerintah berikan. Perlu dijaga perawatannya, agar apa yang menjadi milik kita tetap terjaga kualitasnya," tutur Firman Zai.

    "Saya harap bantuan ini dapat membantu meringankan beban dalam melakukan aktivitas pertanian. Dulunya dalam melakukan aktivitas pemarasan (pemotongan) rumput masih memakai parang, semoga dengan bantuan mesin potong rumput ini dapat mempermudah para petani," harapnya.

    Pembagian bantuan mesin pemotong rumput ini turut disaksikan para staf Kantor Camat Mandrehe Barat, pendamping kecamatan dan desa, serta para perangkat desa.

    Kontributor: Faagulo
    Editor: Dika
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini