-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kawal Demokrasi, FISIP USU dan Tular Nalar Mafindo Gelar Sekolah Kebangsaan

    Redaksi
    27 September 2024, 23:45 WIB Last Updated 2024-09-27T16:45:07Z
    Banner IDwebhost

    Kawal Demokrasi, FISIP USU dan Tular Nalar Mafindo Gelar Sekolah Kebangsaan (Foto: dokumentasi)

    Medan, INDOSATU.ID - Dalam mempersiapkan Gen Z sebagai pemilih pemula, Tular Nalar – Mafindo bersama Ilmu Komunikasi FISIP USU menggelar "Sekolah Kebangsaan" di Universitas Sari Mutiara Indonesia, Jum'at (27/9/2024).

    Kegiatan yang dilakukan menjelang pilkada ini bertujuan menangkis masih banyaknya informasi hoaks yang beredar di media sosial (medsos).

    Hal ini membutuhkan perhatian lebih dari masyarakat khususnya dalam penerimaan informasi di tengah euforia pemilu.

    Semarak pemilu yang menjadi perbincangan hangat di setiap kalangan menjadi momentum bagi Tular Nalar – Mafindo bersama Ilmu Komunikasi FISIP USU untuk mempersiapkan gen Z bijak memilih dan mengkawal demokrasi.

    Acara ini dihadiri oleh 102 peserta yang difasilitasi oleh 10 fasilitator. Uniknya, seluruh fasilitator Tular Nalar kali ini adalah perempuan, begitu pun penanggung jawab dan tim pendukung yang juga adalah perempuan.

    Hal ini menunjukkan semangat perempuan yang tidak kalah besar untuk memfasilitasi kegiatan Tular Nalar ini hingga dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan kondusif.

    Turut berhadir dalam acara ini yaitu Wakil Dekan Fakultas Komunikasi dan Perpustakaan Universitas Sari Mutiara, Roberto Roy Purba S.E., M.Sc., Dosen Prodi Hukum, Michael Jerico, S.H., M.H., dan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Evi Enitari Napitupulu, M.I.Kom.

    Tingginya antusias peserta pada Sekolah Kebangsaan (SK) ini dapat dilihat dari jumlah kehadiran peserta melebihi kuota yang disediakan yaitu 100 peserta.

    Kegiatan ini pun mendapat dukungan dari Wakil Dekan Fakultas Komunikasi dan Perpustakaan Universitas Sari Mutiara, Roberto Roy Purba S.E., M.Sc., yang disampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

    Roberto juga memaparkan apresiasi atas kegiatan Sekolah Kebangsaan yang mampu mengenalkan literasi digital dan antisipasi hoaks di berbagai universitas yang ada di Kota Medan.

    Yovita Sabarina Sitepu S.Sos., M.Si., selaku penanggung jawab Tular Nalar FISIP USU menyampaikan bahwa Sekolah Kebangsaan kali ini tidak jauh berbeda dengan Sekolah Kebangsaan yang sebelumnya dilaksanakan di FISIP USU.

    "Secara garis besar tema SK kali ini sama dengan SK sebelumnya, masih terkait pelatihan berfikir kritis guna menangkal hoaks terutama bagi pemilih pemula, namun ada penambahan materi pasca pencoblosan," terangnya.

    "Yang membedakan dan menarik kali ini, seluruh fasilitator dan tim adalah perempuan, serta pihak Universitas Sari Mutiara juga, baik dalam memfasilitasi ruangan," tutur Yovita.

    Salah satu peserta Sekolah Kebangsaan, Indah Hutauruk menyampaikan kesan baik dari kegiatan ini.

    Bagi Indah, Sekolah Kebangsaan memberikan pengetahuan yang baru khususnya tentang hoaks dimasa pemilu.

    "Saya menyerap ilmu baru tentang bagaimana hoaks itu sangat berpengaruh dan bisa memasuki pikiran kita dalam mengambil tindakan agar tidak adanya Kacau IDE (Kacau Isi, Kacau Diri, dan Kacau Emosi_red)," ujar Indah.

    Salah satu peserta lainnya menambahkan harapannya dari terselenggaranya acara ini. "Semoga acara ini bermanfaat bagi peserta dan ada perubahan dalam menyaring informasi hoaks," tambahnya.

    Antusias yang tinggi dari peserta juga dapat dilihat dari semangat peserta mulai dari kehadiran yang tepat waktu hingga kuis di akhir acara.

    Yovita menambahkan, Sekolah Kebangsaan dalam kesempatan ini cukup menyenangkan. "Kehadiran peserta yang tepat waktu, sehingga kita bisa mulai acaranya on time," lanjutnya.

    "Terlebih lagi saat kuis berlangsung semua peserta berbondong-bondong ingin menjawab, menunjukkan pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan oleh para fasilitator," imbuh Yovita. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini