-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pj Gubernur Sumut Luncurkan 'Kopi Sumut' dan Gerakan Cinta Kopi di Festival Kopiforia

    Redaksi
    19 September 2024, 16:31 WIB Last Updated 2024-09-19T09:53:21Z
    Banner IDwebhost

    Pj Gubernur Sumut Luncurkan 'Kopi Sumut' dan Gerakan Cinta Kopi di Festival Kopiforia (Foto: Dedi)

    Medan, INDOSATU.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, meluncurkan merek 'Kopi Sumut' dan Gerakan Cinta Kopi Serentak se-Sumatera Utara dalam acara Kopiforia – Festival Kopi Sumatera Utara di Komplek Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan, Selasa (17/9/2024).

    Acara ini juga menjadi bagian dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut, yang memperkenalkan beragam jenis kopi khas Sumatera Utara (Sumut) kepada para atlet, tamu, dan masyarakat.

    Sumut dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan luas lahan 90 ribu hektar dan melibatkan sekitar 150 ribu petani. Kopi dari Sumut, seperti Sidikalang, Lintong, Mandailing, dan Simalungun, dikenal sebagai kopi berkualitas tinggi atau specialty coffee, yang memiliki cita rasa khas dan standar mutu internasional.

    Dalam sambutannya, Agus Fatoni menekankan pentingnya meningkatkan kualitas kopi Sumut, baik dari segi produksi maupun pemasaran.

    "Pemerintah Provinsi akan terus mendukung para petani kopi dengan memberikan pelatihan, bantuan peralatan, bibit unggul, dan pupuk. Ini semua untuk meningkatkan pendapatan petani dan membawa nama kopi Sumut dikenal lebih luas," tutur Fatoni.

    Festival ini juga menjadi kesempatan bagi pengusaha kopi untuk memperbaiki kualitas produk, kemasan, dan cara menjual kopi agar lebih menarik bagi konsumen, baik di dalam maupun luar negeri.

    Kepala Dinas Koperasi UKM Sumut, Naslindo Sirait, dalam acara tersebut menyoroti pentingnya membentuk koperasi kopi untuk membantu petani dalam mengelola usaha mereka.

    "Kami juga mendorong anak muda Sumut untuk terjun ke industri kopi yang menjanjikan ini. Dinas Koperasi siap membantu, baik dalam menyediakan tempat untuk bazar atau festival, maupun pelatihan kewirausahaan," ujar Naslindo.

    Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Provsu Tyas Fatoni, Konsul Jenderal India di Medan Ravi Shanker Goel, perwakilan Bank Indonesia, OJK, dan Bank Sumut. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini