Klara Tania, salah satu konten kreator yang mampu beli rumah hasil dari program shopping affiliates (Foto: istimewa) |
INDOSATU.ID - Pekerjaan konten kreator semakin menjadi pilihan yang menjanjikan di era digital saat ini.
Tak hanya sekadar hobi, konten kreator terbukti bisa menjadi sumber pendapatan utama.
Berdasarkan laporan Digital 2024 oleh We are Social, lebih dari 185 juta orang Indonesia (66%) dari jumlah penduduk Indonesia telah terhubung dengan internet.
Data tersebut menunjukkan besarnya potensi Indonesia sebagai pasar bagi industri konten kreator. Salah satu konten kreator yang berhasil mencapai kesuksesan di industri ini adalah Klara Tania.
Menjadi seorang YouTuber, Klara mengatakan pendapatan YouTube-nya meningkat drastis sejak mengikuti YouTube Shopping Affiliates, program kerja sama YouTube dan Shopee yang baru diluncurkan di September 2024.
Sejak menjadi YouTuber, dia mengaku banyak cita-citanya yang bisa tergapai.
"Aku bersyukur YouTube betul-betul mengubah hidupku. Aku bisa mendapat berbagai kerja sama dengan brand, traveling ke tempat yang aku inginkan, bahkan mewujudkan impianku membeli rumah," ujarnya.
Bangkit dan Sukses Setelah Pandemi Covid-19
Ia menambahkan, lika-liku penjalanan dirinya menjadi konten kreator dimulai dari situasi yang penuh tantangan.
Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini sebelumnya memiliki bisnis online di bidang florist dan produk custom yang ia mulai saat kuliah.
Namun, pandemi Covid-19 memaksanya menutup bisnis tersebut.
"Karena acara graduation, lamaran, dan event offline lainnya dilarang untuk diadakan, jadi pesanan bunga saat itu hampir tidak ada," ucap Klara.
Saat menganggur, Klara banyak menghabiskan waktu menonton video pendek di rumah.
Berangkat dari kebosanannya, ia pun mulai memberanikan diri membuat konten. Awalnya, Klara membuat video cerita horor dan review film.
Hanya dalam tiga hari, salah satu videonya berhasil meraih 5 juta views dan menggaet lebih dari 40 ribu pengikut.
"Setelahnya, aku putuskan untuk betul-betul tekun membuat video, setiap hari posting 1-3 video pendek. Banyak pengikutku yang request agar aku bikin video lebih panjang di YouTube," terangnya.
"Akhirnya, Juni 2021 aku mulai aktif di YouTube dengan berbagai konten seperti tutorial, unboxing, vlog, dan cerita horror," ungkap Klara.
Setelah menjalani sebagai YouTuber selama tiga tahun secara konsisten dan menghasilkan berbagai konten yang berkualitas, akunnya sudah memiliki 21 juta subscribers.
Berkat jutaan subscribers, ia pun mendapatkan 'Diamond Play Button' dari pihak perusahaan Youtube. Ini menjadi salah satu pencapaian tertinggi bagi konten kreator di YouTube.
"Komunitas YouTube juga membantu aku mengenal banyak konten kreator lainnya, sampai aku akhirnya mempunyai sahabat-sahabat sesama konten kreator yang saling mendukung dan juga bisa melakukan berbagai video kolaborasi," ujarnya.
YouTube Shopping Affiliates: Cara Baru Kreator Raih Cuan Dari Konten
Wanita cantik ini mengakui kesuksesannya saat ini tidak lepas dari program YouTube Shopping Affiliates.
Menurutnya, program ini memungkinkan dirinya menambahkan keranjang berisi sejumlah produk dari Shopee di video-video yang diunggahnya.
Ia memanfaatkan kesempatan ini untuk menghubungkan penontonnya dengan produk-produk yang diulas dengan lebih mudah dan bisa menghasilkan pendapatan tambahan.
"Sebelum bergabung dengan YouTube Shopping Affiliates, sebetulnya aku sudah sering membuat review produk seperti barang-barang lucu atau barang yang aku suka, sering juga dapat komentar penonton yang minta spill barangnya beli di mana," kata Klara.
"Makanya, begitu aku tahu tentang program ini, aku langsung bergabung dan menambahkan keranjang di video lama dan buat video baru. Serunya, penambahan keranjang produk di video lama pun masih tetap bisa menghasilkan pendapatan. Banyak juga yang beli produk dari keranjangku," ungkapnya.
Program ini pun membuka peluang kerja sama dengan berbagai brand yang ingin produknya direkomendasikan oleh Klara.
Dirinya mengaku lebih sering menggunakan fitur ini di YouTube Shorts, karena lebih mudah mendapat views.
"Makanya aku selalu usahakan videonya menarik, agar bisa ditonton sampai habis," imbuhnya.
Di sisi lain, Klara mengaku perjuangan menjadi konten kreator tidaklah mudah. Ia harus terus mencari ide menarik, memperhatikan tren, memenuhi permintaan penonton, dan menjaga interaksi di kolom komentar.
"Aku juga sering explore barang-barang lucu di Shopee dan review di Shorts. Selain itu, aku juga selalu usahakan videonya informatif atau menghibur, karena video sejenis itu yang banyak ditonton," tutur alumni Unpad ini.
Klara turut mendukung para konten kreator pemula untuk mencoba program YouTube Shopping Affiliates.
Ia berpendapat bahwa kunci sukses menjadi kreator adalah konsistensi, belajar dari tren, dan berani mencoba hal baru.
"Dari situ kita bisa belajar membuat video yang lebih baik, jangan lupa manfaatkan program YouTube Shopping Affiliates untuk menambah pendapatan," jelasnya.
Bagi kamu yang ingin mengikuti jejak sukses Klara Tania sebagai konten kreator, silahkan bergabung dengan program YouTube Shopping Affiliates dan mulai tingkatkan pendapatan kamu.
Program ini mempermudah kreator untuk merekomendasikan produk favorit mereka langsung kepada audiens dengan fitur keranjang belanja yang terhubung dengan Shopee.
Silahkan buka tautan https://shopee.co.id/m/youtube-shopping untuk informasi lebih lanjut.
Ayo daftar sekarang juga dan raih peluang kamu sebagai konten creator!. (Red)